Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur dan Harga Tiket Masuk

pantai-klayar-pacitan

Pantai Klayar adalah pantai yang berada di Kota Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini merupakan salah satu pantai paling populer yang ada di Pacitan. Keindahan serta panorama Pantai Klayar ini membuat siapapun yang melihatnya menjadi terpesona.

Keindahan semakin menjadi tatkala para wisatawan memandangi indahnya pasir putih kecoklatan yang terhampar lembut sepanjang bibir pantai. Rindangnya pohon-pohon kelapa yang berada di sekitarnya juga membuat suasana semakin sejuk dan nyaman.

Menurut warga sekitar, dulunya nama Pantai Klayar ini didapatkan dari sebuah cerita tentang perahu yang terombang-ambing ombak besar dan terdampar di pantai. Karena hal itulah, pantai tersebut kemudian diberi sebutan “Glayar” yang berpuluh-puluh tahun kemudian berubah menjadi Klayar dan bertahan hingga saat ini.

Namun selain cerita tersebut, ada versi lain yang mengatakan jika nama Pantai Klayar berasal dari bahasa Jawa yakni “Klayar-Kluyur” yang didapatkan dari kebiasaan warga sekitar pantai yang suka sekali berjalan-jalan di pantai ini. Mungkin karena hal tersebutlah kemudian warga memberikannya nama Pantai Klayar.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Setiap pengunjung yang datang pada hari Senin s/d Jumat maka akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 perorang. Sedangkan pada akhir pekan para pengunjung akan dikenakan biaya masuk yang lebih mahal yakni Rp. 10.000 perorang. Selain itu, untuk parkir pengunjung juga dikenakan biaya yakni Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Alamat Pantai Klayar Pacitan

Kalak, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur

Baca Juga : Pantai Menganti Kebumen

Obyek-Obyek Wisata di Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

1. Keindahan Gradasi Pasir Putih Kecoklatan

Salah satu keunikan sekaligus kelebihan yang dimiliki oleh Pantai Klayar yang ada di Pacitan adalah pasirnya yang terlihat sangat indah. Dikarenakan terjadinya gradasi warna antara pasir putih dan pasir coklat yang berpadu dan menghasilkan warna yang sangat indah.

2. Batu Karang Icon Pantai Klayar

Di depan Pantai Klayar ini terdapat sebuah batu karang yang memiliki ukuran sangat besar dan hingga sekarang menjadi icon wisata di pantai ini. Menurut ceritanya, dulu batu tersebut merupakan bekas pertarungan makhluk gaib di Pantai Klayar dan masih ada hingga saat ini.

3. Air Mancur di Tengah Laut

Keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Klayar adalah adanya sebuah air mancur alami yang terdapat di tengah laut. Pada sekitar jam 9 pagi hingga jam 4 sore, air mancur ini akan mengeluarkan suara yang mirip sekali dengan suara seruling. Sehingga warga sekitar menamakannya dengan nama Seruling Samudra.

4. Keunikan Batu Bentuk Sphinx dan Sumur

Obyek wisata terakhir yang ada di Pantai Klayar ini adanya sebuah batu berbentuk manusia namun berkepala Singa yang kemudian diberi nama Sphinx. Meski begitu, dulunya batu tersebut sempat diberi nama Watu Lumbung yang diubah menjadi Batu Sphinx.

Selain batu Sphinx, di sini juga terdapat sebuah sumur yang dijadikan sebagai tempat pemandian oleh para wisatawan. Di Pantai Klayar sebenarnya terdapat dua sumur yang berukuran kecil dan berukuran besar. Warga sekitar percaya jika kedua tersebut dapat memberikan berkah.

Sekian informasi tentang Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat menambah wawasan teman-teman semuanya tentang pantai-pantai indah di Jawa Timur khususnya di Kota Pacitan. Terima kasih dan selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel